Pages

Subscribe:

About

Forum Silaturahim PAI " Inspirasi Mahasiswa Mulia ( Sukses Dunia Sukses Akhirat )" D3 Program Studi Gizi Cirebon Poltekes Kemenkes Tasikmalaya

Minggu, 06 Oktober 2013

Dosen Bertanya Mahasiswa Menjawab 3


 Perkuliahan 30 September 2013
Penghargaan Islam terhadap ilmu  pengetahuan sangat tinggi , jelaskan bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut 
 Manusia  adalah  makhluk   satu-satunya  yang  secara potensial diberi kemampuan untuk  menyerap ilmu  pengetahuan.  Penghargaan  ini  dapat  dilihat  dari  beberapa aspek.
Pertama,  turunnya  wahyu  pertama  (  Al-Alaq  :  1-5),  ayat  yang dimulai dengan perintah untuk membaca,ini mencerminkan betapa pentingnya  aktivitas  membaca  bagi  kehidupan  manusia  terutama dalam menangkap hakikat dirinya dan lingkungan alam sekitarnya. Membaca dalam arti luas adalah kerja jiwa dalam menangkap  dan menghayati berbagai fenomena di dalam dan di sekitar diri hingga terpahami betul makna dan hakikatnya.
Kedua,  banyaknya  ayat  Al-qur’an  yang  memerintahkan manusia untuk menggunakan akal,pikiran dan    pemahaman (Al-Baqarah  2 : 44, Yaa  siin  36 : 68, Al-An’aam 6  : 50).      Ini menandakan bahwa manusia   yang  tidak      memfungsikan  kemampuan  terbesar     pada dirinya itu adalah manusia yang tidak berharga.
Ketiga,  Allah  memandang  rendah  orang-orang  yang  tidak  mau menggunakan  potensi akalnya  sehingga mereka  disederajatkan dengan binatang, bahkan lebih rendah dari itu (al-A’raf 7 : 179).
Keempat,  Allah   memandang  lebih  tinggi  derajat  orang  yang berilmu dibandingkan orang-orang yang bodoh (Az- Zumar 39 : 9).