Pages

Subscribe:

About

Forum Silaturahim PAI " Inspirasi Mahasiswa Mulia ( Sukses Dunia Sukses Akhirat )" D3 Program Studi Gizi Cirebon Poltekes Kemenkes Tasikmalaya

Senin, 07 Oktober 2013

Materi 2





Ilmu, Iman, dan Amal merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Bahkan iman di identikan sebagai akar dari sebuah pohon yang menopang tegaknya Islam. Ilmu bagaikan batang atau dahan pohon yang dapat mengeluarkan cabang-cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sedangkan amal adalah buahnya dan IPTEK yang dikembangkan diatas nilai-nilai iman dan taqwa akan menghasilkan amal saleh.

 Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik  seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,( Qs.Ibrahim 24)
 

pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.(Qs.Ibrahim 25)
Ayat di atas menggambarkan keutuhan antara iman,ilmu,dan amal atau Aqidah,syari’ah dan Akhlak dengan menganologikan bangunan Dinul Islam, bagaikan sebatang pohon yang baik. Akarnya menghujam ke bumi, batangnya menjulang tinggi ke langit, cabangnya atau dahannya rindang dan buahnya lebat. Ini merupakan gambaran bahwa antaran iman,ilmu dan amal merupakan satu kesatuan yang utuh,tidak dapat pisahkan  antara satu sama lain. Iman diidentikan dengan akar dari sebuah pohon yang menopang tegaknya ajaran islam. Ilmu bagaikan batang pohon  yang mengeluarkan dahan-dahan cabang-cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan amal ibarat buah dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. Iptek yang dikembangkan diatas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal shalih,bukan kerusakan alam. Al-Ghozali mengungkapkan bahwa setiap manusia musnah kecuali yang berilmu pengetahuan, semua yang berilmu pengetahuan musnah kecuali yang mengamalkan ilmunya, dan manusia yang mengamalkan ilmunya musnah kecuali yang ikhlas dalam mengamalkan ilmu tersebut. Ungkapan al-Ghozali ini dapat kita jadikan pijakan bahwa iman, ilmu, dan amal merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalm pandangan Islam.
            Perbuatan baik seseorang tidak akan bernilai amal saleh apabila perbuatan tersebut tidak dibangun di atas nilai-nilai iman dan ilmu yang benar. Sama halnya pengembangan ipteks yang lepas dari keimanan dan ketakwaan tidak akan bernilai ibadah serta tidak akan menghasilkan kemaslahatan bagi ummat manusia dan alam lingkungannya bahkan akan menjadi malapetaka bagi kehidupannya sendiri.Ilmu-ilmu yang dikembangkan atas dasar keimanan dan ketakwaan kepada Allah s.w.t, akan memberikan jaminan kemaslahatan bagi kehidupan ummat manusia termasuk bagi lingkungannya