Pages

Subscribe:

About

Forum Silaturahim PAI " Inspirasi Mahasiswa Mulia ( Sukses Dunia Sukses Akhirat )" D3 Program Studi Gizi Cirebon Poltekes Kemenkes Tasikmalaya

Minggu, 17 November 2013

OPNI MAHASISWA 3

Perkuliahan 16 November 2013
Nama : Fanny Defiani
NIM : P2.06.31.2.13.012
Assalamualaikum, saya ingin beropini tentang topik yang didiskusikan dalam perkuliahan tentang masyarakat madani. Apakah Indonesia sudah menjadi masyarakat madani?
Menurut saya, Indonesia belum menjadi masyarakat madani karena diantara ciri-ciri dari masyarakat madani belum berjalan dengan baik. Ciri madani demokrasi, Indonesia belum sepenuhnya menjalani demokrasi yang semestinya memang Indonesia menerapkan prinsip demokrasi akan tetapi belum berjalan dengan baik. Demokrasi adalah bebas mengeluarkan pendapat tetapi pada masyarakat ketika mengeluarkan pendapatnya menggunakan emosi dan tidak menjaga ketertiban serta menjaga fasilitas publik yang ada misalnya pada saat mahasiswa merunjuk rasa mengaspirasi pendapatnya yang berujung dengan kericuhan yang membuat rusak fasilitas publik/negara serta menelan korban luka bahkan korban jiwa. Hal ini seharusnya tidak terjadi pada masa demokrasi ini. Begitu juga pada saat pemilihan walikota/bupati/gubernur/presiden ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan adanya politik uang, adanya oknum yang menghalalkan segala cara agar pasangan yang didukungnya menang, ada yang menjatuhkan lawannya agar pasangan tersebut menang dalam pemilihan, dan pada saat pemilu ada saja masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi aktif dengan menggunakan hak pilihnya dengan cara golput. Ada juga di kalangan DPR pada saat rapat paripurna saat video tersebut ditayangkan terlihat jelas kalangan DPR tidak saling menghargai pendapat orang lain, mereka hanya mementingkan ego diri sendiri dan suatu kelompok/partai politiknya sehingga terjadi kericuhan pada saat rapat paripurna. Padahal yang menjadi anggota DPR adalah orang yang terpilih, berpendidikan tinggi, berintelektual tetapi dari video tersebut mereka seperti tidak berpendidikan, seharusnya mereka malu akan perbuatannya mereka dipilih rakyat agar bisa menampung aspirasi rakyat dan memberikan yang terbaik bagi rakyat karena mereka sudah diamanahkan oleh rakyat tetapi mereka dalam menyikapi suatu masalah tidak dewasa mereka seperti anak kecil. Hal ini seharusnya tidak terjadi di sidang paripurna.
Ciri masyarakat madani toleransi. Masyarakat Indonesia memang saling toleransi tetapi ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab. Toleransi itu ada toleransi umat beragama, toleransi saat mengeluarkan pendapat, dan sebagainya. Jika kita saling bertoleransi maka hidup kita akan damai dan tentram.
Ciri masyarakat madani pluralitas yaitu beraneka agama yang ada di dalam suatu daerah/negara tetapi saling rukun berdampingan. Hal ini diterapkan di Indonesia tetapi ada saja oknum yang mendiskriminasikan suatu agama tertentu sehingga terjadinya ketidakrukunan antar umat beragama. Sebaiknya hal ini harus dihilangkan karena “agamaku agamaku agamamu agamu” sehingga kita harus saling menghormati dan menghargai ketika agama lain sedang beribadah dan merayakan hari besar agamanya. Jika kita saling menghormati dan menghargai antar umat agama hidup akan terasa damai, tentram, dan sejahtera.
Ciri masyarakat madani keadilan sosial. Keadilan sosial di Indonesia kurang berjalan dengan semestinya ditunjukan dengan adanya ketidakadilan pengadilan hukum. Hukum di Indonesia lebih memandang siapa dia, jabatannya apa, dan latar belakangnya dengan itu orang yang berkuasa dan berduit pasti dia akan menang dihadapan hukum sepertinya orang kecil/orang biasa pasti kalah. Hal ini sangat memprihatinkan sepertinya orang kecil/orang biasa tidak mempunyai hak untuk keadilan di hadapan hukum. Misalnya nenek yang mengambil kapas yang sudah jatuh ditanah masuk di pengadilan dan dijatuhkan hukuman kurungan penjara dan anak kecil yang mencuri sandal anggota Polri masuk juga di pengadilan dan dijatuhkan hukuman kurungan penjara. Sedangakan koruptor, orang yang mengkonsumsi/pengedar narkoba, kecelakaan lalu lintas yang berakibatkan menghilangkan nyawa seseorang yang dilakukan oleh anak seorang menteri yang sampai sekarang ini belum masuk penjara. Seharusnya hukum tidak pandang bulu, semua sama di hadapan hukum tidak memihak kepada seseorang/kelompok tertentu.
Ciri masyarakat madani partisipasi sosial. Masyarakat Indonesia memang sudah berpartisipasi sosial dengan memberikan bantuan pada korban bencana alam yang seperti terjadi tsunami di Aceh, gempa bumi di Yogyakarta, Gunung Merapi meletus, itu menunjukkan masyarakat Indonesia membantu secara materi maupun psikologi bagi korban. Memberikan bantuan kepada orang yang tidak mampu dan orang yang sedang membutuhkan bantuan.
Ciri masyarakat madani supremasi hukum. Di Indonesia semua masalah diselesaikan dengan pedoman hukum yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Jadi masyarakat harus patuh dan manaati peraturan yang berlaku.
Jadi, menurut saya Indonesia belum menjadi masyarakat madani. Terima kasih. Wassalamualaikum