Pages

Subscribe:

About

Forum Silaturahim PAI " Inspirasi Mahasiswa Mulia ( Sukses Dunia Sukses Akhirat )" D3 Program Studi Gizi Cirebon Poltekes Kemenkes Tasikmalaya

Minggu, 17 November 2013

OPINI MAHASISWA I

Perkuliahan 16 November 2013, Pukul 08.00 - 10.00
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Nama saya Sella Nindy Hidayah, NIM. P2.06.31.2.13.030 . Seperti yang telah bapa jelaskan bahwa Masyarakat Madani adalah masyarakat yang tunduk dan patuh pada hukum (masyarakat beradab) dan disebutkan bahwa cirri-ciri masyarakat madani adalah mempunyai ruang publik bebas, demokrasi, toleransi, pluralitas, keadilan sosial, partisipasi sosial dan supremasi hukum. Pertanyaan sudahkah Indonesia termasuk masyarakat yang madani? Saya menjawab belum, karena dilihat dari aspek ciri masyarakat yang madani adalah keadilan sosial yaitu dimana seluruh masyarakat mendapatkan haknya dengan adil tanpa memandang status sosial mereka sedangkan di Indonesia hal tersebut belum di terapkan dengan baik. Contoh konkritnya adalah di dunia kesehatan dimana saya melihat pelayanan kesehatan di salah satu Rumah Sakit di Cirebon masih belum madani dan membedakan pasien dengan status sosial ‘si kaya’ dan ‘si miskin’, seharusnya sebagai insan kesehatan jangan membedakan siapapun karena kita memang diwajibkan menolong siapapun agar menjadi insan kesehatan yang madani dan menuju Indonesia yang Madani. Terimakasih.


asslmmualaikum pak ini maryanaa, maryana mau berpendapat masalah keterkitan ciri-ciri masyarakat madani di indonesia yang tadi pagi pak, menurut maryana di Indonesia itu belum sepenuhnya menerapkan ciri-ciri masyarakat madani salah satunya demokrasi, keadilan sosial karena sampai sekarang indonesia dalam keadialan di indonesia masih saja membeda-bedakan orang miskin yang kurang ekonominya dengan orang kaya yang bisa membayar hukum itu dengan uang atau status sosialnya ,,, contohnya aja kecelakaan yang pelakunya anak seeorang pejabat yang dikasih renggang hukumannya dbandingkan dengan orang tua yang mencri sndal di msolah dan diberi hukuman 5thn penjara. bener-bener tidak adil kan,,, begitu juga tentangg demokrasi yang saat ini msih belum di perbaiki... mungkin dari situ bisa terlhat indonesia masih belum menjadi masyarakat madani.


Assalamualaikum, pak saya Marsekal Bintang Maharsa Dutananda NIM P2.06.31.2.13.022 ingin memberi penjelasan lebih detail tentang hal tadi. Menurut saya, Indonesia sudah punya instrumen yang mendukung semua aspek yang bertujuan untuk mengarahkan Indonesia menuju masyarakat madani. Selain itu, budaya dan kearifan lokal yang kita punya juga merupakan faktor dasar penunjang yang baik bagi pelaksanaan sistem demokrasi, keadilan sosial, dan ruang keterbukaan publik yang bebas, serta aspek lain untuk mewujudkan masyarakat madani. Kita boleh mengatakan bahwa masyarakat Indonesia belumlah menjelma sebagai masyarakat madani, hanya saja perlu kita sadari bahwa kita pun telah berusaha dalam proses mewujudkannya. Mendukung segala sikap dan pro aktif dalam rangka mewujudkan masyarakat madani adalah salah satu langkah terbaik ketimbang mencari sisi negatif dan mencari kontra masalah.Sekian, dan terima kasih pak. Wassalamualaikum Wr.Wb.